Tuesday, October 31, 2006

mengamati burung

tiap akhir tahun hanya bisa menggelar pembelajaran mengamati burung. entahlah apa akhir tahun ini masih sanggup menyajikannya. lama tak lagi mengamati burung di alam, hanya di pekarangan. satu blog ini pun tak lagi terupdate.

kalau mau belajar burung bisa tanya dengan pendobos burung atau bisa juga dengan yang lagi mengejar Trulek Jawa. masih perlu informasi, jangan sungkan ngobrol dengan komunitas pengamat burung Indonesia atau gabung aja di milisnya. makhluk didalamnya berkeanekaragaman yang tinggi. juga bisa ngobrol di milis burung, juga bisa bertanya di milis kukila dan milis burung pemangsa. sesekali menarik bila bertandang ke kawan di sulawesi atau kenalan dengan kutilang, juga dengan anggota sbi. jika mencari informasi burung yang lagi terancam bisa di buku merah, dan bisa juga di birdlife international atau di birdlife Indonesia. jangan anggap birdlife sebagai asuransi burung karena menggunakan label “life”, tapi mungkin bisa juga, karena mereka mencoba menjaga keberadaan burung di alam.

kadang khawatir tak tahu jenis burung, namun menikmati perilaku burung di alam pun memberikan kepuasan berberda. penting punya panduan pengenalan burung atau juga kaset suara burung, dan ada juga yang berbentuk cakram pemutar. paling tidak, ajaklah kawan yang sudah tahu tentang burung, agar ada tempat bertanya dan belajar.

melihat burung di alam lebih memuaskan dibanding mengurung burung dalam sangkar. walau setiap orang punya titik puas yang berbeda.

tak penting burung !

1 Comments:

Blogger Hartanto said...

Sedikit cerita neh. di ausie ternyata surga para burung. lingkungan asri dengan pepohonan yang masih memadai dan tidak polusi. tidak ada orang menangkap dan memelihara burung. berjenis-jenis burung yang kalau di Indonesia harganya mahal hidup bebas tanpa kuatir diganggu manusia.

Sunday, November 19, 2006  

Post a Comment

<< Home