Sunday, July 10, 2005

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masalah sampah?

Kenapa kita perlu konsen terhadap masalah sampah?
Karena, begitu banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia, timbul pertanyaan, "mau dibuang kemana sampah-sampah kita?". Lalu, mau diapakan gunungan sampah tersebut?
parahnya, kemudian sampah2 itu dibuang ke laut, ke sungai, dll. dan itu semua berdampak buruk bagi lingkungan. ingat bagaimana paus terdampar di pantai karena radar alamnya terganggu oleh sampah2 di laut?
Kalau kita nggak membantu mengambil tindakan, maka bumi akan menjadi tempat sampah...

pasti kamu semua tau program 3R. Reduce, Reuse, Recycle.
Ok. Kita nggak akan bicara mengenai mengolah sampah & limbah, atau cara pembuangan sampah yang baik.
kita jangan muluk2. lakukan apa yang kita bisa. pasti bisa.

Reduce (mengurangi sampah)
1. usahakan membeli minuman yang dalam kemasan botol. jangan yang kaleng atau kardus. misalnya (ok, sebut merek deh...) Fruit Tea. ada pilihan kemasannya kan? ada yang di botol kaca, karton, kaleng, botol plastik. nah, kalau ada pilihan seperti itu, alangkah baiknya kalau kita memilih yang di botol kaca, supaya bisa langsung dikembaliin ke penjualnya. dengan demikian kita nggak nyampah.
2. waktu kita membeli suatu produk, usahakan cari refilnya kalau kita sudah punya botolnya. biasanya sih yang begini tuh produk-produk cair seperti syampo, pembersih, pewangi, karbol, dll. sampah bisa diminimalkan.
3. waktu membeli produk, misalnya susu kaleng, kalau ada yang ukuran besar, lebih baik beli 1 yang ukuran besar daripada yang 2 yang kecil. ngerti kan maksudnya? jadi misalnya kita mau beli susu bubuk 800 gr. lebih baik kita langsung beli 1 pak yang isi 800 gr, daripada beli 2 pak isi 400gr. sampah bisa diminimalkan lagi.

Reuse (menggunakan kembali yang masih bisa digunakan)
1. botol air mineral bisa digunakan lagi untuk menaruh minuman, daripada membeli botol baru.
2. gunakan lagi halaman sebaliknya kertas bekas yang baru dipakai di satu sisi untuk hal2 yang tidak begitu penting.
3. waktu kita pergi belanja ke pasar (atau si mbak yang mo beli sayur), nggak ada salahnya kita bawa kantong kresek dari rumah. kita pakai lagi kantong2 plastik tersebut. lumayan... mengurangi sampah lagi...

Recycle (mendaur ulang sampah)
1. butuh kreativitas sedikit untuk menghancurkan koran2 bekas menjadi bubur kertas, ditambahi kanji, dibentuk menjadi patung. tapi kalau sampah2 yang ada bisa dijadikan ke bentuk lain yang kreatif, kenapa nggak? misalnya botol air mineral bekas jadi vas bunga. botol kaca bekas jadi tempat message in the bottle. apalagi kalau bisa dijual. wah, menguntungkan sekali...
2. kalau kita tidak bisa mendaur ulang sendiri, mari kita bantu yang bisa. caranya? kita mulai pisahkan sampah organik (yang asalnya dari makhluk hidup) dengan sampah non organik (alias sampah kering). itu sangat memudahkan proses pendaurulangan. apalagi kalau kita mau repot sedikit mengelompokkan samaph2 kering tersebut. misalnya dikelompokkan sendiri2: kaleng2 bekas, botol2 gelas bekas, botol2 plastik bekas, kardus2, kertas, dst. setelah itu yang kering dikasihkan ke pemulung. untuk merek berguna banget.

gimana? itu tentu aja baru sebagian keciiilll hal2 gampang yang bisa kita lakukan.
kalau ada lagi, post aja...

oh ya. selain itu, rawatlah barang2 kamu. itu juga mengurangi sampah.
the last but not least: DO NOT LITTER!!!

puty

opening

jreng, jreng, jreng.
telah dibuka http://www.bumikusayang.blogspot.com/

blog ini untuk para blogger yang sayang sama bumi.
isinya? tulisan-tulisan tentang lingkungan hidup bumi kita ini.
waktu googling, sepertinya belum ada blog lingkungan hidup indonesia serupa. *CMIIW*

ayo ngeblog rame2...
email dulu di akusayangbumi@yahoo.com untuk mendapatkan id & password disini (kalau bukan blogger user dan ga mau jadi blogger user) dan nama bisa ditaro di akhir postingan. buat blogger user, atu non blogger user yang rela jadi blogger user, nanti bakal diinvite. tapi setelah kirim email yang syah ya! (jadi jangan nungguin invitation kalau kamu cuma ninggalin pesen di tagboard)

lalu, mulailah posting mengenai lingkungan hidup bumi.

yang ngggak mau ikutan secara aktif nggak papa, but @ least kamu udah ikutan peduli (tapi action kamu jangan berenti sampai sekedar baca blog ini doang loh) dan kalo bisa sih banner ASBnya ditaro diblog masing-masing, dilink kesini. untuk penyebaran.

pokoknya, mari kita sayangi bumi kita ini...
mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil-kecil, & mulai sekarang juga.

puty